Kembalilah ke Tanah Air!


Dukungan Bush atas McCain, Dilema Baru Partai Republik
September 3, 2008, 1:04 pm
Filed under: Politik

 

Presiden AS, George W. Bush, memberikan dukungan penuhnya kepada Senator John McCain, kandidat presiden AS dari Partai Republik. Pernyataan Bush ini disampaikan lewat rekaman pidato yang telah disiapkan dan ditayangkan pada Konvensi Nasional Partai Republik yang mengukuhkan McCain sebagai calon presiden, hari Selasa (2/9). Konvensi itu berlangsung di Xcel Center St Paul Minnesota. Bush dalam pidatonya menyebut John McCain sebagai penggantinya yang terbaik dan siap memimpin negara. Karena badai Gustav yang melanda tenggara AS, Bush tidak dapat menghadiri Konvensi Nasional Partai Republik tersebut.

 

Para pejabat tinggi Partai Republik berharap bahwa dukungan penuh Bush atas McCain dapat mendongkrak suara dari kalangan konservatif untuk meloloskan kandidat Partai Republik ke Gedung Putih. Namun sejumlah pengamat politik berpendapat bahwa keragaman perspektif McCain dengan presiden AS yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir justeru akan membuat senator asal Arizona terpuruk.

Hasil Polling menunjukkan bahwa popularitas Bush menurun drastis di bawah 28 persen. Bahkan disebutkan, tingkat popularitas itu lebih rendah dibanding periode skandal Watergate yang terjadi di awal dekade 70 an. Watergate adalah skandal politik yang mengakibatkan pengunduran diri Presiden AS, Richard Nixon. Skandal ini berbuntut pada krisis konstitusi yang menghebohkan pada tahun 1970 an.

Perang Irak dan krisis ekonomi di AS merupakan penyebab utama berpalingnya warga negeri Paman Sam dari Partai Republik. Kini, hanya 33 persen dari warga AS yang mendukung Partai Republik. Angka ini merupakan titik rekor yang paling rendah dalam 20 tahun terakhir. Dengan demikian, dukungan Bush kepada McCain malah berdampak buruk pada senator asal Arizona ini.

 

Para kritikus politik pemerintah Bush berulangkali memperingatkan bahwa kemenangan McCain dalam pemilihan presiden yang akan digelar pada tanggal 4 November mendatang, sama halnya dengan berlanjutnya pemerintahan Bush untuk periode ketiga.

 

Berbagai kritikan yang ditujukan pada Partai Republik tidak membuat tim sukses McCain berhenti melancarkan trik-trik baru untuk mencari dukungan yang lebih banyak. Dipilihnya Gubernur Alaska, Sarah Palin, sebagai calon wakil presiden yang bakal mendampingi McCain adalah salah satu kejutan Partai Republik baru-baru ini. Selain itu, Partai Republik menggalang dana bantuan untuk diserahkan ke korban badai Gustav. Dalam penggalangan dana itu, Partai Republik mampu mengumpulkan puluhan juta dolar AS. Semua itu dilakukan untuk mendongkrak dukungan atas McCain.

 

Dalam kampanyenya, McCain juga berupaya mendapatkan dukungan lebih banyak dengan cara selalu menyuarakan isu nasionalisme. Namun, sikap McCain yang mendukung perang Irak menimbulkan kekhawatiran soal berlanjutnya perang yang tidak berakhir, jika ia terpilih sebagai presiden AS. Apalagi Mc Cain cenderung mendukung perang seratus tahun di Irak dan agresi ke negara-negara lain. Untuk itu, sangatlah wajar bila Bush dan para penasehat pendukung perangnya mendukung penuh atas McCain , kandidat presiden AS dari Partai Republik. (Alireza Alatas)

 

(Sumber: IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: