Kembalilah ke Tanah Air!


Pentagon Akan Jual Senjata ke India dan Yordania
September 10, 2008, 12:38 pm
Filed under: Politik

Departemen Partahanan AS (Pentagon) kepada Kongres menyampaikan kemungkinan rencana penjualan 24 rudal anti kapal jenis Harpoon ke India yang bernilai 170 juta dolar AS. Sebagaimana dilaporkan Kantor Berita AFP dari Washington, India berdasarkan pernyataan Badan Penjualan Senjata di AS, berniat menggunakan rudal Harpoon untuk peremajaan kemampuan perang anti kapal di Angkatan Udara negara ini dan memperbaiki kelemahan operasi militer di perairan.

Kemungkinan rudal Harpoon jenis kedua yang dijual ke India. Harpoon jenis kedua ini dilengkapi dengan sistem Global Positioning System (GPS). GPS adalah satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Melalui fasilitas tersebut, rudal tersebut dapat mengenai sasaran dengan tepat.

Dilaporkan pula, Pentagon menyepakati penandatangan kontrak penjualan sistem keamanan perbatasan ke Yordania. Sumber yang sama menyebutkan, Badan Kerjasama Pertahanan dan Keamanan AS yang memantau penjualan senjata berat ke negara ini, menyatakan bahwa penjagaan keamanan perbatasan dan peningkatan kemampuan militer Yordania untuk menghadapi segala krisis adalah tujuan penjualan senjata ke negara ini.

Berdasarkan laporan tersebut, nilai penjualan senjata ke Yordania mencapai 390 juta dolar AS. Akan tetapi Kongres dapat menggagalkan penandatanganan kontrak tersebut dalam kurun 30 hari mendatang. (Alireza Alatas)

(Sumber: IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: