Kembalilah ke Tanah Air!


Ahmadinejad: NATO Tidak Dibutuhkan di Kawasan
September 16, 2008, 11:12 pm
Filed under: Politik

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyebut perluasan dan pengokohan hubungan bilateral, regional dan internasional antara Iran dan Armenia, sebagai pesan persahabatan kepada dunia. Dikatakannya pula, “Untuk menyelesaikan problema antarnegara kawasan, intervensi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) tidak diperlukan.” Ahmadinejad dalam pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Armenia, Eduard Nalbandian, hari Selasa, di Tehran menyinggung hubungan kedua negara dan bangsa, mengatakan, “Dalam kerjasama kedua pihak di bidang budaya harus lebih diperluas. Persamaan budaya dan sejarah kedua bangsa merupakan modal baik yang dapat digunakan untuk kepentingan kedua negara.”

 

Lebih lanjut Ahmadinejad menekankan bahwa perluasan hubungan dengan Armenia merupakan kebijakan Republik Islam Iran yang tidak dapat diganggu gugat. Dikatakannya pula, “Tidak ada pembatasan untuk memperluas hubungan kedua negara. Bahkan, masalah-masalah di kawasan semakin menegaskan urgensitas kerjasama kedua pihak.”

 

Seraya menyinggung perkembangan besar yang tengah terjadi di kancah dunia, Ahmadinejad mengatakan, “Sistem berkutub tunggal telah punah.”

 

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Luar Negeri Armenia mengharapkan adanya perluasan hubungan kedua pihak yang lebih luas di bidang politik dan ekonomi. Dikatakannya, perluasan hubungan interaktif dapat menunjukkan kerjasama yang kuat antarkedua negara. Bahkan, hal itu bisa menjadi contoh yang baik di kawasan. Lebih lanjut Nalbandian menyinggung peristiwa yang terjadi di Kaukasus, mengatakan, “Peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini mencerminkan sensitivitas kawasan Kaukasus. Untuk itu, harus ada sebuah solusi baru dan alternatif untuk memperluas hubungan kedua pihak.”Dalam kesempatan yang berbeda, Nalabandian juga bertemu dengan Ketua Parlemen Republik Islam Iran, Ali Larijani. (Alireza Alatas)

 

(Sumber IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: