Kembalilah ke Tanah Air!


Pernyataan Ahmadinejad di New York Soal Afrika
September 23, 2008, 12:47 pm
Filed under: Politik

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, mengajak negara-negara dunia supaya membantu kemajuan dan kesejahteraan bangsa Afrika. Di Konferensi Pembangunan Afrika yang digelar di sela-sela Sidang Majelis Uumum PBB ke-63, Ahmadinejad menegaskan, “Kemajuan dan kesejahteraan bangsa-bangsa Afrika merupakan langkah yang jauh dalam merealisasikan impian umat manusia, keadilan, harga diri, dan hak-hak manusia, yang semuanya menguntungkan seluruh manusia.”

 

Ahmadinejad dalam pidatonya menyinggung pasang surut sejarah Afrika dan mengatakan, “Sejumlah negara anggota yang saat ini mengklaim sebagai pembela kebebasan dan hak-hak manusia, terlibat dalam kejahatan yang terburuk atas warga Afrika di masa perbudakan. Hingga kini, mereka tetap rakus melahap sumber-sumber alam Afrika. Bahkan, negara-negara itu menilai Afrika yang aman, maju dan bersatu sebagai hal yang dapat merugikan mereka.” Dengan menciptakan perselisihan yang tak berdasar, negara-negara tersebut berupaya menghilangkan peluang warga Afrika untuk maju.

 

Tidak diragukan lagi, kehidupan damai dan sejahtera merupakan hak bangsa-bangsa Afrika. Sebab, benua yang kaya budaya ini dapat dikategorikan sebagai kawasan yang terkaya di muka bumi ini dengan penghasilan sumber-sumber alam dan sumber daya manusia. Perjuangan bangsa Afrika dalam menghadapi penindasan telah membuat masyarakat benua ini tangguh melewati masa-masa sulit. Ini merupakan landasan yang kuat bagi pergerakan bangsa Afrika dalam mencapai pembangunan dan kemajuan baik secara materi maupun spritual. Meski demikian, perjuangan bangsa Afrika dalam menghadapi tantangan yang ada, memerlukan partisipasi global. Namun pengalaman beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa sejumlah perjanjian diterima oleh sebagain negara, namun tidak ditindaklanjuti pada tahap praktis.

 

Dalam kondisi seperti ini, Afrika membutuhkan dua langkah penting. Pertama, benua ini harus menghindari segala intervensi unilateral dan destruktif yang dilakukan olseh sejumlah negara. Kedua, komunitas internasional selayaknya mengambil langkah determinan dan lebih bermanfaat guna membangun Afrika yang sesuai dengan kebutuhan dan kehendak bansa-bangsa benua ini.

 

Dengan meyakini tugas global ini, Republik Islam Islam Iran berupaya membantu kebutuhan bangsa Afrika di bidang teknis, arsitek dan kedokteran melalui kontrak yang adil. Dengan cara ini, kedua pihak akan diuntungkan. Bahkan, Tehran berupaya meningkatkan partisipasinya dua kali lipat di Afrika. Untuk itu, Ahmadinejad menilai pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Afrika dengan Republik Islam Iran sebagai peluang yang tepat untuk mengokohkan hubungan dan melaksanakan agenda bersama. Meski demikian, Ahmadinejad menilai hal itu sebagai langkah yang belum cukup. Upaya kedua pihak sangat dibutuhkan dalam mewujudkan kesejahteraan dan keadilan di benua Afrika. (Alireza Alatas)

(Sumber: IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: