Kembalilah ke Tanah Air!


Solidaritas OKI terhadap Al-Bashir
September 28, 2008, 12:42 pm
Filed under: Politik

Para menteri luar negeri anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) dalam sidang yang digelar di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB, menyatakan solidaritas terhadap Sudan dan menolak tudingan Ocampo terhadap Presiden Omar Al-Bashir. Para peserta sidang New York memberikan dukungan penuh atas Sudan untuk menghadapi keputusan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) atas Al-Bashir. Para menlu OKI juga menilai keputusan jaksa ICC atas Al Bashir sebagai langkah yang merugikan proses perdamaian di Darfur serta stabilitas dan keamanan di kawasan.

Selain itu, OKI mengimbau negara-negara Arab dan Afrika supaya melibatkan diri dalam kasus ini guna menghentikan langkah yang ditempuh ICC atas Al-Bashir. Menurut rencana, para jaksa ICC akan menggelar sidang untuk mendengarkan alasan Luis Moreno –Ocampo mengenai keputusannya sol penangkapan atas Al-Bashir. Ocampo adalah salah satu jaksa ICC yang menghendaki dikeluarkannya surat penangkapan atas Al-Bashir. Menurut Moreno-Ocampo, Al-Bashir bertanggung jawab atas serangkaian kejahatan kemanusiaan di Darfur, mulai dari pembunuhan, pemerkosaan, penyiksaan, hingga pengusiran paksa.

Di media massa Barat sering diungkap pembantaian milisi Arab Janjaweed terhadap ‘black african’ (penduduk asli Sudan). Selain itu, AS juga menyatakan bahwa pembantaian massal sering terjadi di Sudan. Sementara itu, rakyat Sudan menuding rencana ICC itu sebagai hasil konspirasi negara-negara Barat yang dimotori AS.

Masih mengenai keputusan ICC soal Al-Bashir, para diplomat PBB memprediksikan surat penangkapan atas Presiden Sudan tidak akan keluar hingga bulan November. Bahkan keputusan itu dinilai dapat memperkeruh kondisi di kawasan. Jika keputusan anti Presiden Sudan terus diperpanjang, segala upaya yang ditempuh untuk mewujudkan perdamaian dan ketenteraman di Darfur akan gagal total.

Saat ini, Liga Arab, Uni Afrika, OKI, dan Gerakan Non Blok (GNB) menghendaki Dewan Keamanan (DK) PBB supaya menggunakan pengaruhnya untuk mencabut tundingan yang tak berdasar atas Bashir. Lobi-lobi regional dan internasional di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB memaksa ICC supaya tidak menindaklanjuti tudingan-tudingan yang tidak berdasar atas Al-Bashir. Seluruh intansi Islam dan Arab di kawasan berupaya keras untuk menyelamatkan proses perdamaian di Darfur. Yang lebih menariknya, lima mantan menlu AS juga meminta presiden mendatang negeri ini supaya membatasi langkah-langkahnya di Darfur.

Kondisi di Darfur benar-benar berada dalam kondisi krisis. Meski para penjaga perdamaian PBB dan Uni Afrika ditempatkan di kawasan ini, tapi segala langkah irrasional dan inkonstitusional terhadap Al Bashir dapat berpengaruh pada kondisi Darfur dan para penjaga perdamaian di kawasan itu.

Melihat fenomena yang ada, Liga Arab, Uni Afrika dan OKI terus bersikeras untuk mencabut keputusan anti Al-Bashir oleh ICC, yang dinilai sebagai langkah yang tak berdasar dan dipolitisir.(Alireza Alatas)

(Sumber:IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: