Kembalilah ke Tanah Air!


Debat Kedua Obama-McCain
Oktober 8, 2008, 1:12 pm
Filed under: Uncategorized

John McCain dan Barack Obama kembali bertarung dalam debat kedua di Belmont University, Nashville, Tennessee, Selasa (7/10) waktu setempat atau Rabu (8/10). Dalam acara debat tersebut yang ditayangakan televisi setempat, kedua kandidat presiden AS menjawab pertanyaan-pertanyaan secara terulis dan lisan yang dilontarkan oleh para pemilih yang menghadiri acara debat tersebut.

Mengingat kondisi krisis ekonomi di Negeri Paman Sam, perhatian para pemilih lebih tertuju pada program ekonomi yang ditawarkan oleh kedua kandidat AS. Dalam acara debat kedua, kandidat presiden AS asal Partai Demokrat dan Partai Republik lebih memperdebatkan isu-isu yang bersangkutan kebijakan pajak, program komprehensif energi dan lingkungan hidup.

McCain menuding Obama berupaya mendongkrak biaya pajak dan memperingatkan bahwa kemenangan Partai Demokrat dalam pemilihan presiden AS akan menimbulkan terpuruknya proses produksi di dalam negeri. Sementara itu, Obama mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah saat ini. Dikatakanya, “McCain mengurangi biaya pajak demi kepentingan orang-orang kaya.” Kebijakan perpajakan dapat dikatakan sebagai poin kunci dalam pemilihan presiden AS pada tahun 2008. Sebab, sebagian besar warga AS, dari satu sisi, mendukung pengurangan pajak agar masyarakat dapat menabung dan meningkatkan daya beli. Akan tetapi dari sisi lain, mereka mengaku kecewa dengan ketidakseimbangan bujet pemerintah federal dan negara bagian di negeri ini. Kebijakan pengurangan pajak yang diterapkan oleh pemerintah Presiden AS, George W. Bush dinilai hanya menguntungkan para pemilik modal. Sebab, kalangan menengah ke bawah yang tidak mempunyai cukup modal akan dibebani tanggung jawab untuk menanggung dana krisis ekonomi saat ini, melalui kebijakan pengurangan pajak.

Menurut para pakar ekonomi, resesi keuangan tidak hanya menimpa pasar-pasar saham, tapi juga menghantam kehidupan sehari sehari warga AS. Dampak-dampak krisis ekonomi yang dialami langsung oleh warga negeri ini, dapat dilihat dari ludesnya tabungan keluarga, anjloknya nilai saham, meningkatnya pengangguran dan menurunnya daya beli.

Selain itu, warga negara AS mengkhawatirkan mekanisme jaminan konsumsi energi yang kian meningkat. McCain dalam acara debat tersebut berjanji akan melawan ketergantungan AS atas impor minyak dan menjamin konsumsi energi dengan cara membangun reaktor-reaktor nuklir baru dan menggunakan sumber-sumber minyak di landas kontinen. Sementara itu, Obama berpendapat bahwa pelaksanaan program tersebut akan merusak lingkungan hidup dan menimbulkan dampak buruk pada kehidupan manusia.

Perdebatan pertama dan kedua antarkandidat presiden AS masih tidak mengubah hasil polling sebelumnya. Jajak pendapat yang dilakukan setiap hari oleh Gallup, Selasa, memperlihatkan Obama unggul sembilan angka di tingkat nasional. Hasil angket Gallup menyebutkan, Obama lebih unggul 51 persen berbanding 42 persen atas McCain. Adapun jajak pendapat CNN menyatakan Senator Illionis tersebut lebih unggul dengan angka 53 persen, sedangkan McCain 45 persen. (Alireza Alatas)

(Sumber: IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: