Kembalilah ke Tanah Air!


Pertemuan APA Digelar di Tehran
Oktober 9, 2008, 12:48 pm
Filed under: Politik

 

Dewan Pelaksana The Asian Parliamentary Assembly (APA) dalam sidangnya, Rabu sore, menyerahkan draft statemen konferensi untuk diratifikasi delegasi-delegasi parlemen yang menghadiri pertemuan APA di Tehran. Menciptakan pasar energi bersama, melawan kemiskinan, membangun kerjasama di bidang lingkungan hidup, mengatasi pemanasan global, menghormati budaya antarnegara Asean, memperkokoh kerjasama antarparlemen Asean dan perjanjian persahabatan di Asia adalah di antara poin-poin yang tertera dalam draft tersebut. Poin-poin tersebut akan diratifikasi final di pertemuan APA yang akan digelar di Jakarta, bulan November.

 

Pertemuan APA digelar hari ini di Tehran yang diawali dengan pidato Ketua Parlemen Republik Islam Iran, Ali Larijani. Dalam pidatonya, Larijani menyinggung krisis regional dan global dan menyebut kondisi Irak, Palestina, Afghanistan, Lebanon serta penyiksaan di penjara-penjara Abu Ghraib dan Guantanamo sebagai tragedi yang menyedihkan akibat kebijakan sepihak Barat.

 

Lebih lanjut Larijani mengkritik keras kebijakan yang diistilahkan dengan perlawanan terhadap terorisme. Bahkan ia menyatakan bahwa langkah-langkah Barat justru memperkeruh terorisme di kawasan dan dunia. Dikatakannya pula, peningkatan produksi narkotika di Afghanistan yang mencapai 9000 dari 3000 ton, merupakan contoh nyata dampak kebijakan anti terorisme Barat di kawasan.

 

Di benua Asia,  terdapat peluang besar untuk menjalin kerjasama antarnegara yang dapat menghadapi tantangan-tantangan  yang ada dan menentukan masa depan benua  yang luas ini. Perkembangan terbaru seperti peran Rusia di kancah regional dan internasional, kekuatan ekonomi baru dan teknologi Cina, perkembangan ekonomi yang pesat di Asia Tenggara, perkembangan teknologi di barat Asia dan Timur Tengah, kekuatan energi minyak dan gas di Asia, semua itu termasuk di antara faktor pernting yang dapat mempengaruhi masa depan Asia. Dari sisi lain,  instansi-instansi sipil seperti forum antarparlemen negara-negara Asia mempunyai peran penting untuk memperkuat kerjasama antarnegara di benua ini.

 

Melihat fenomena seperti ini,  ide-ide inovatif seperti traktat persahabatan antar negara Asia dan pembentukan pasar energi bersama di benua Asia dapat dikatakan sebagai prakarsa yang membantu merealisasikan kerjasama di benua ini.  Dalam kontek ini, Republik Islam Iran yang juga salah satu negara pendiri APA berjuang keras untuk memperkokoh organisasi ini dan memperjuangkan visi-visinya. (Alireza Alatas)

 

(Sumber: IRIB)


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: