Kembalilah ke Tanah Air!


Panglima Militer AS Tuding Iran, Para Pejabat Irak Angkat Suara
Oktober 16, 2008, 1:01 pm
Filed under: Politik

Juru Bicara Pemerintah Irak, Ali al-Dabbagh, mengkritik pernyataan terbaru Panglima Militer AS di Irak, Raymond Odierno. Kantor Berita Xinhua melaporkan, Ali Al-Dabbagh menyebut tudingan Jenderal Raymond Odierno terhadap Iran soal penyuapan atas sejumlah anggota Parlemen Irak untuk menentang perjanjian keamanan Baghdad-Washington, sebagai tindakan yang tidak pantas ditujukan pada para anggota parlemen negara ini.

Lebih lanjut Ali Al-Dabbagh menjelaskan, para anggota Parlemen Irak bekerja secara demokrati dan berlandaskan pada wewenang dan tanggung jawab mereka dalam menjelaskan sikap-sikapnya.

Terkait hal ini, seorang anggota parlemen dari Aliansi Patriotik Demokrasi Kurdistan, Mohsen Al Saadun menepis tudingan Odierno dan mengatakan, “Menuding berkhianat kepada para anggota Parlemen Irak adalah tindakan yang berbahaya.” Al Saadun menuntut Panglima Irak untuk menyampaikan bukti terkait tudingan penyuapan Iran atas para anggota Parlemen Irak.

Seorang anggota Sunni yang berafiliasi dengan Front Kemufakatan Irak, Husein Al-Falouji, menilai pernyataan Raymond sebagai upaya untuk menekan mayoritas anggota parlemen Irak yang menentang arogansi AS. Dikatakannya pula, ” Tudingan itu sengaja dilontarkan untuk mengelabui opini umum, sehingga para anggota yang menolak perjanjian keamanan dengan AS dikesankan terpengaruh oleh Iran.”

Panglima Militer AS dalam wawancaranya dengan Koran Washington Post, edisi Senin, mengklaim, laporan-laporan intelejen AS menunjukkan bahwa Iran berupaya menyogok para anggota legislatif untuk menolak perjanjian keamanan Washington-Baghdad yang isinya memperbolehkan penempatan pasukan AS di negera ini.

Pernyataan Raymond itu disampikan di saat rakyat dan para pejabat negara ini menentang segala penandatanganan atas nota kesepakatan yang bertentangan dengan kedaulatan dan independensi negara ini.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: