Kembalilah ke Tanah Air!


Persiapan Irak Jelang Pemilihan Dewan-Dewan Provinsi
November 10, 2008, 12:12 pm
Filed under: Politik

Komisi Tinggi Pemilu Irak menentukan waktu pelaksanaan pemilihan dewan-dewan provinsi Irak pada tanggal 31 Januari 2009. Selain tiga provinsi di Kurdistan dan Provinsi Tamim yang berpusat di Kirkuk, pemilihan dewan-dewan provinsi akan digelar secara serentak di 14 provinsi Irak. Qasem Al-Aboudi, seorang pejabat Komisi Tinggi Pemilu Irak mengatakan, “Kampanye pemilu akan digelar dari akhir bulan ini atau awal bulan depan hingga dua bulan kemudian.”

 

Pendaftaran kandidat pemilihan dewan-dewan provinsi di Irak sudah dimulai sejak satu bulan lalu. Berdasarkan data yang diumumkan Komisi Tinggi Pemilihan Irak, 401 organisasi, hingga kini, mendaftarkan nama mereka untuk ikut serta dalam pemilihan dewan-dewan provinsi di negara ini. 36 organisasi politik terdaftar sebagai kelompok-kelompok aliansi, sedangkan 365 lainnya tercantum sebagai kelompok-kelompok independen.

 

Dalam beberapa pekan terakhir ini, para marja dan pemimpin kelompok-kelompok politik Irak secara kompak mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam pemilihan dewan-dewan provinsi dan menekankan pentingnya pelaksanaan pemilihan tersebut.

 

Di tengah persiapan pemilihan dewan-dewan provinsi di Irak, sejumlah kelompok Kristen memprotes masalah penghapusan butir ke-50 undang-undang pemilihan yang isinya menjelaskan jatah minoritas. Ayatollah Sistani, marja Syiah di Irak, mengingatkan para pejabat Irak supaya menjaga hak-hak kelompok minoritas dalam undang-undang pemilu di Irak.

 

Terkait hal ini, Perdana Menteri Irak, Nouri Maliki, menjanjikan pelaksanaan pemilihan dewan-dewan provinsi di Irak secara damai dan aman dengan memperhatikan hak seluruh kelompok politik,agama dan suku.

 

Saat ini, upaya para pejabat dan para pemimpin politik terfokus pada persiapan pemilihan yang melibatkan seluruh kelompok di negeri ini. Sejumlah kelompok Ahlu Sunnah pada pemilihan sebelumnya telah melakukan aksi boikot. Namun pada pemilihan kali ini, sederet indikasi menunjukkan bahwa mereka akan ikut meramaikan pemilihan dewan-dewan provinsi Irak.

 

Kesiapan kelompok-kelompok politik untuk berpartisipasi dalam pemilihan dewan-dewan provinsi Irak mencerminkan kesadaran rakyat negeri atas pentingnya peningkatan proses pembangunan politik bagi seluruh warga Irak. Kondisi politik Irak yang membaik diharapkan dapat menumumbuhkan solidaritas bangsa ini yang lebih tangguh, sehingga pasukan pendudukan tidak mempunyai alasan untuk bercokol di negeri kaya minyak ini. Sudah menjadi rahasia umum bahwa pasukan pendudukan di Irak adalah penyebab utama instabilitas di negeri Kisah 1001 Malam.


Tinggalkan sebuah Komentar so far
Tinggalkan komentar



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: